teks

Hidup sebagai muslim sejati dengan Allah yang selalu di hati

Sabtu, 19 Maret 2011

Mengapa negeri ini tak pernah tentram?


Assalamu'alaikum kawan, kali ini saya "fino" ingin sedikit membahas kabar islam mengenai persaudaraan. Ya seperti yang kita ketahui, Nabi Muhammad SAW sang pembawa berita baik telah merubah sebuah ikatan persaudaraan, yang tadinya berdasarkan keturunan, suku, ras, atau yang lain sebagainya menjadi satu. Suatu ikatan persaudaraan berdasarkan kesamaan tauhid. Itulah salah satu prestasi dari tokoh no 1 paling berpengaruh terhadap peradaban manusia yang ditulis dalam sebuah buku berjudul the 100 karya seorang ahli astronomi dan sejarah, Michael H. Hart ini. Setuju gak sama buku ini?hemmh, harus setuju ya. Kita umat muslim adalah saudara, masihkah berlaku pada hari ini ? Fino juga ragu kawan, katanya saudara, tapi masih  saling sikut-sikutan rebutan jabatan, masih suka tauran antar siswa muslim, masih saling menyalahkan saudara muslim yang berbeda madzhab, dan masih banyak lagi contoh prilaku muslim yang gak mencerminkan persaudaraan sesama muslim. Hemmh,,, jadi prihatin ya kawan!! Padahal kalo fino gak salah, ada lho ayat Al-Qur'an yang membahas tentang persaudaraan seperti firman Allah yang satu ini nich:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ


“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” [Al Hujuraat 10]
 Tuh kan, kita ini bersaudara kawan muslim sekalian, dan dalam ayat ini kita itu harus memisahkan kedua kubu muslim yang sedang berseteru. Bukannya malah kita yang bermusuh-musuhan sesama umat islam. Kalo kita bisa mendamaikan dua kubu muslim yang berseteru, kan bisa dapet rahmat tuh dari Allah SWT. Emmh,, pantes aja ya kawan, negara kita gak tentrem terus, gak ada sejahteranya gitu. Mungkin ini gara-gara masih banyaknya umat muslim di negara kita yang masih saling tumpang tindih berseteru mulai dari pejabat sampe rakyat kecil sekalipun. Astaghfirulloh,, gini aja dech kawan, biar negara kita dan khususnya kita umat muslim bisa dapet Rahmatillah. Amiin.. gimana kalo kita lakukan sebuah strategi? Tolong sebarin ya,hehe... Gini strateginya, gunakan strategi 3M:
  • Mulailah dari diri kita sendiri
  • Mulailah dari hal yang terkecil,dan 
  • Mulailah dari sekarang.
 Kawan semua siap? Kita lakukan ketiga strategi itu untuk mendamaikan saudara-saudara kita yang sedang berseteru. Kalo kita semua bareng-bareng lakuin ini, Insyaallah dech negara kita bakalan makmur, aman, dan sejahtera.Amin. Gimana, siap gak ? Harus siap ya...

Masih inget kan sama hadist yang ini?

Hadis riwayat Abu Musa ra. dia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Seorang mukmin terhadap mukmin yang lain adalah seperti sebuah bangunan di mana bagiannya saling menguatkan bagian yang lain. (Shahih Muslim No.4684) 


Tuh kan, cocok banget sama yang mesti kita lakuin. Kita kan bagaikan satu bangunan yang mana kalo kita lakuin semua dengan rasa persaudaraan, persatuan, dan saling menguatkan. Kita bisa ngebuat negara ini aman, tentram, sejahtera seperti yang kita inginkan. Mungkin segini aja dech pembahasan tentang persaudaraan, mudah-mudahan setelah kita lakukan usaha ini kita bisa melihat negeri kita tentram dan sejahtera.Amin. Semoga bisa bermanfaat. Dan Wallohua'lam atas semua kebodohanku. Sekian dan  terima kasih. Salam persaudaraan kawan!
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar